NEWS UPDATE

Dinkes Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Melalui Akreditasi Puskesmas

Silahkan Share

Survei Re Akreditasi UPTD Puskesmas Cimanggis

Sebagaimana diketahui bahwa terdapat 3 pilar dalam Program Indonesia Sehat yakni Paradigma sehat, Penguatan pelayanan Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional. Adapun program pada penguatan pelayanan kesehatan diantaranya adalah peningkatan akses pada FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), optimalisasi system rujukan, dan peningkatan mutu . Salah satu upaya peningkatan mutu adalah melalui Akreditasi. Hal ini juga sejalan dengan misi kota Depok yakni meningkatkan kualitas pelayanan public yang professional dan transparan.

Perlu diketahui bahwa puskesmas di Kota Depok berjumlah 35 Puskesmas, 23 diantaranya sudah terakreditasi, dan pada tahun ini ditargetkan 29 puskesmas dapat terakreditasi. Dan  6 puskesmas akan diakreditasi ditahun 2020. UPTD Puskesmas Cimanggis telah melaksanakan akreditasi perdana pada tahun 2016 dengan mendapat predikat madya, dan setelah 3 tahun berjalan, harus melaksanakan akreditasi kembali.

Apabila dibandingkan maka akan terlihat bahwa puskesmas yang sudah terakreditasi jauh lebih baik dari pada yang belum terakreditasi, dari segi sarana prasarana, kelengkapan pelayanan maupun tata cara pemberian pelayanan. Akreditasi puskesmas dapat bermanfaat bagi masyarakat karena meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta keselamatan pasien  sehingga masyarakat menjadi lebih nyaman dalam berobat ke puskesmas.

Selama 3 hari UPTD Puskesmas Cimanggis telah melalui proses penilaian re akreditasi, dengan harapan dapat memperoleh hasil yang lebih baik lagi, dan menjadi semangat untuk selalu memberikan mutu pelayanan kesehatan secara maksimal. Tidak boleh merasa puas dengan apa yang sudah dicapai saat ini karena ada hal yang lebih berat  dan harus terus menerus dilakukan yaitu mempertahankan yang sudah baik dan melakukan perbaikan untuk hal yang belum sesuai. Inilah makna yang terkandung dalam akreditasi yaitu continuous quality improvement (CQI) atau perbaikan mutu yang berkelanjutan.

Semoga survey re akreditasi mendatangkan manfaat menuju kota depok Unggul, Nyaman dan Religius.

Sumber : Seksi Pelayanan Kesehatan Primer

Survei Re Akreditasi UPTD Puskesmas Cimanggis

Comments

comments