NEWS UPDATE

38 Petugas Puskesmas se-Depok Ikuti Workshop Media Informasi

Silahkan Share

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Rani Martina (paling depan berdiri) memberi sambutan pada Workshop Pengelolaan Media Informasi di Dinkes Depok, Selasa (11/02/2020).

Sebanyak 38 petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kota Depok mengikuti Workshop Media Informasi. Para peserta yang hadir dilatih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok.

“Dinas berharap semua petugas dapat menerima materi dengan baik dan dapat menuliskan berita kegiatan di puskesmas nantinya,” ucap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Rani Martina di Aula Dinkes Depok, Selasa (11/02/2020).

Di tempat yang sama, narasumber dari Diskominfo Depok, Retno Yulianti menuturkan, setiap peserta harus memahami cara melakukan wawancara ke narasumber. Setelah itu, mereka bisa melakukan proses jurnalistik yaitu menulis berita.

“Di sini, kita dituntut untuk mematuhi konsep 5 W + 1 H yang bertujuan memenuhi kelengkapan berita. Asas tersebut yaitu What (Apa), Who (Siapa), Where (Di mana), When (Kapan), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana),” jelasnya.

Dia menambahkan, semua bahan yang didapat, ditulis dengan struktur model piramida terbalik dengan bagian atas judul, kemudian lead atau kepala berita berisi data-data penting.

“Selanjutnya, body atau bagian tengah berisi uraian data, dan bagian kaki atau bawah berisi deskripsi atau keterangan penguat dalam berita,” pungkasnya.

Penulis : Zaujah Puskesmas Villa Pertiwi
Editor : Retno Yulianti

Dinkes Kota Depok

Comments

comments