Hindari Makanan Tinggi Kolesterol

Beberapa makanan dibawah ini merupakan daftar jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan. Terutama bila memang Anda sudah terindikasi memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa dipastikan mengandung kolesterol, apalagi bila digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali.

Otak Sapi dan jerohan

Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa sampai 2.500 mg. Sebaiknya kurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh yang tinggi. Tambahkan makanan yang lebih sehat seperti ikan, sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.

Kuning Telur

Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram atau 400 persen lebih jika dibandingkan dengan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya.

Hati

Didalam 100 gram lever setidaknya terdapat 564mg kolesterol atau terdapat 188 % dari konsumsi kolesterol harian. Dalam 1 ons lever yang diolah menjadi masakan setidaknya mengandung 311 mg kolesterol.

Butter

Dalam 100 mg butter memiliki kandungan kolesterol sekitar 215 mg, dan 1 sendok makan butter mengandung 20 mg kolesterol. Anda harus memerhatikan ketika mengonsumsi makanan yang mengandung butter seperti roti, kue, dan makanan lainnya.

Udang

Udang diketahui memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Setidaknya 195 mg kolesterol terkandung dalam setiap 100 mg udang. Kandungan kolesterol dalam satu ons udang setidaknya ada 55 mg dan satu ekor udang yang cukup besar memiliki kandungan kolesterol sekitar 11 mg.

Makanan Cepat Saji

Kandungan kolesterol yang ada pada makanan cepat saji memiliki tingkat yang cukup tinggi. Didalam makanan cepat saji umumnya terdapat kandungan minyak jenuh yang menjadikan makanan cepat saji tersebut tinggi akan kolesterol. Lemak jenuh ini terbentuk dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang digunakan untuk untuk menggoreng makanan cepat saji.

Makan yang ini saja!

Santap beberapa makanan ini yang dapat membantu menurunkan atau menyeimbangkan kolesterol dalam darah. - Biji-bijian gandum dan berbagai jenis serelia dengan kulit ari yang masih utuh. - Menggunakan minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak kanola, bunga matahari, dan minyak zaitun. - Sekitar 2-3 porsi ikan per minggu dapat menurunkan kadar LDL dengan dua cara, yaitu sebagai pengganti daging dan sumber lemak omega-3 sebagai penekan LDL. - Kacang-kacangan seperti kacang merah dan almond. - Konsumsi buah apel, anggur, dan jeruk yang kaya kandungan pektin, sebagai serat larut yang menekan LDL. Terong juga mengandung serat larut tinggi. Anda juga bisa mengonsumsi avokad yang tinggi kandungan lemak tidak jenuhnya. - Mengonsumsi kedelai dan produk olahan dari kedelai, seperti tempe, tahu dan susu kedelai.

 

Sumber : UPTD Puskesmas Pasir Gunung Selatan

Berita Terbaru