Klasifikasi Gejala Pasien Pasien Covid-19

Banyak sekali gejala yang ditemukan pada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau bahkan tanpa gejala. Gejala Covid-19  yang ditemukan pada pasien dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Berikut klasifikasi  gejala Covid-19 berdasarkan tingkat keparahan pada pasien terkonfirmasi positif.

1. Pasien Tanpa Gejala atau Asimtomatik

Pasien terkonfirmasi positif oleh tes PCR, namun pasien tetap sehat dan tidak terdapat gejala apapun

2. Gejala RIngan

Pasien dengan tes PCR positif yang disertai dengan gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, pilek, dan bersin. Pada beberapa kasus kadang tidak disertai demam, tetapi disertai dengan mual, muntah, nyeri perut, diare, kesemutan, hilang penciuman dan pengecapan maupun tanda gejala lainnya.

3.Gejala Sedang

Pasien dengan tes PCR positif yang diertai dengan batuk, demam, frekuensi pernapasan cepat dan dangkal, serta mengeluarga suara mengi ketika bernapas.

4. Gejala Berat

Pasien dengan tes PCR positif yang disertai dengan gejala pnemonia berat seperti kesulitan ketika manarik napas yang menyebabkan hidung kembang kempis (di luar kondisi normal), otot-otot dada mengalami kesulitan bergerak ketika manarik napas, penurunan kadar oksigen dalam darah dan terdapat perubahan warna menjadi biru atau keabuan pada kuku, bibir, atau di sekitar mata. Selain itu, terdapat gejala bahaya seperti kejang, penurunan kesadaran, tidak dapat minum, dan atau gejala lainnya.

5. Gejala Kritis

Pasien tes PCR positif dengan kondisi yang mangalami perburukan seperti gagal napas, gagal jantung, gagal ginjal akut, terdapat gangguan fungsi organ dan keadaan perburukan lainnya.

Klasifikasi di atas dapat digunakan juga untuk memastikan perawatan yang  sesuai dengan keadaan pasien. Pasien dengan tanpa gejala dan gejala ringan cukup isolasi mandiri dan pasien dengan pasien dengan gejala d=seang, berat dan kritis memerlukan perawatan,

Pada masa penademi, jangan lupa untuk selalu menerapkan 3M (Mencuci tangan, memakai masker, dan mejaga jarak) dan jaga kesehatan!

Sumber : UPTD Puskesmas Cisalak Pasar

Berita Terbaru