Dinkes Adakan Forum Renja Tahun 2022 Secara Daring

    Forum Rencana Kerja Dinas Kesehatan dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Februari 2021 secara daring. Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19” ini dihadiri oleh sekurang-kurangnya 170 orang peserta secara daring. Adapun peserta terdiri dari para perwakilan Perangkat Daerah, Rumah Sakit se-Kota Depok, Puskesmas se-Kota Depok, stake holder Kesehatan, organisasi profesi dan kecamatan se-Kota Depok.

 

Kegiatan dibuka oleh Plt. Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kota Depok, Firmanuddin, SE, Ak. Dalam sambutannya beliau mengajak kepada seluruh masyarakat dan stake holder untuk bersinergi, saling bahu membahu dan saling melengkapi dalma Menyusun program Kesehatan di tahun 2022 yang mengarah pada peningkatan capaian dari target RPJMD Kota Depok tahun 2021-2026, yang akan diselaraskan dengan visi dari Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih yaitu Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Rani Martina. Acara selanjutnya paparan dari para narasumber yaitu M. Supariyono dari Komisi D DPRD Kota Depok, Ir. Widyati Riyandani, Kepala BAPEEDA Kota Depok, drg. Novarita, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dan dr. Bony Wiem Lestari, MSc. PhD(c) dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNPAD Sub divisi Data dan Kajian Epidemiologi Satgas COVID-19 Jawa Barat. Sebagai moderator pada acara ini yaitu dr. Hidayat Nuh Ghazali Djajuli M.Epid selaku Kepala Bidang Kesejahteraan Masayarakat pada Bidang Ekonimi dan Kesehajteraan Masyarakat BAPPEDA Kota Depok.

Selanjutnya penandatanganan Berita Acara oleh 5 (lima) unsur perwakilan dari Komisi D DPRD kota Depok, BAPPEDA Kota Depok, ARSSI Kota Depok, Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia dan Forum Kota Depok Sehat (FKDS).

Di akhir acara diadakan pemberian awards kepada beberapa kategori sebagai berikut :

- Kelurahan dengan capaian indicator Kesehatan terbaik

1. Curug-Cimanggis

2. Tanah Baru-Beji

3. Kedaung-Sawangan

- Kecamatan dengan capaian indicator Kesehatan terbaik

1. Cimanggis

2. Beji

3. Sawangan

- Puskesmas dengan IKM dan Manajemen Puskesmas Terbaik

1. UPTD Puskesmas Pancoran mas

2. UPTD Puskesmas Limo

3. UPTD Puskesmas Kalimulya

- RS Dengan layanan TB DOTS Terbaik

1. RS hasanah Graha Afiah

2. RS Bhakti Yudha

3. RS Sentra Medika Cisalak

- RS dengan layanan PONEK Terbaik

1. RS Permata Depok

2. RS Grha Permata Ibu

3. RS Hasanah Graha Afiah

- RS dengan peningkatan layanan penanganan Covid-19 terbaik

1. RS Bunda Margonda

2. RS Hermina Depok

3. RS Hasanah Graha Afiah

Adapun kesimpulan dari moderator kegiatan Forum Rencana Kerja Dinas Kesehatan sebagai berikut :

1.     Pembangunan kesehatan telah menjadi sektor pelayanan publik dengan Indikator kesehatan 83,33

2.     Prioritas pembangunan Kesehatan saat ini di Kota Depok yaitu Pelayanan penanganan Covid-19, kelurahan ODF, Pembangunan RSUD Wilayah Timur

3.     Upaya yang dilakukan dengan upaya kesehatan, penyediaan alkes dan mengaktifkan pemberdayaan masyarakat

Sumber :

Berita Terbaru