NEWS UPDATE

Penyuluhan Kesling di Lokasi P2WKSS

Silahkan Share

 

Program Terpadu P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan, yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dan lingkungan, untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa/ kelurahan, dengan perempuan sebagai penggeraknya. Pembinaan P2WKSS merupakan tanggung jawab tim Kabupaten/ Kota dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan perempuan di suatu desa/ kelurahan.

Penilaian hasil pelaksanaan Program Terpadu P2WKSS dan dampaknya dilaksanakan dengan fokus memperoleh gambaran efektifitas pelaksanaan, dampak program terhadap kesetaraan dan keadilan gender, serta peran, akses, kontrol dan manfaat yang dirasakan perempuan beserta keluarga di wilayah kelurahan.

Cakupan pembangunan, penyebaran penduduk dan kondisi geografis yang sangat beragam, terbatasnya pengetahuan dan perilaku higenis masyarakat, belum adanya kebijakan komprehensif lintas sektor untuk menyediakan fasilitas sanitasi yang layak dan sehat, mendorong diperlukannya strategi yang dapat menjawab permasalahan ini.

Kota Depok berada di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai permasalahan sanitasi dan kesehatan. Salah satu permasalahan sanitasi lingkungan di Kota Depok adalah masih adanya wilayah Kota Depok yang minim sarana sanitasi dasar dan masih ada sebagian masyarakat yang belum memiliki sarana sanitasi yang layak, serta perilaku pengelolaan lingkungan sanitasi yang kurang baik. Berdasarkan data profil kesehatan lingkungan Kota Depok Tahun 2016, menunjukkan bahwa masih ada sekitar 11.775 KK yang belum bersepticktank. Selain itu tahun 2010 jumlah kasus Diare di Kota Depok sebesar 67.133 dengan kasus ditangani sebesar 32.817, sedangkan tahun 2015 kasus Diare yang ditemukan dan ditangani hanya sebesar 18.109.

Masyarakat dirasa perlu pembekalan dan pengetahuan yang memadai tentang kesehatan lingkungan agar tahu, mau dan mampu merubah serta meningkatkan perilaku secara mandiri sehingga terjadi peningkatan kualitas kesehatan lingkungan dan pencegahan penyakit. Oleh karena itu untuk menambah pengetahuan dan informasi bagi masyarakat khususnya di lokasi P2WKSS maka perlu dilakukan penyuluhan tentang kesehatan lingkungan di lokasi P2WKSS.

Pada hari Kamis, tanggal 3 Agustus 2017, bertempat di Majlis Taklim RT 07 RW 015 Kelurahan Pancoran Mas,Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, Dinas Kesehatan Kota Depok yang dimotori oleh Seksi Kesehatan Lingkungan melaksanakan Penyuluhan Kesehatan Lingkungan. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat di lokasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), yaitu di RW 15 Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Penyuluhan dihadiri 56 peserta, terdiri dari warga masyarakat, kader, tokoh masyarakat serta unsur Kelurahan Pancoran Mas. Jumlah peserta kegiatan dari RT 01 sebanyak 20 orang, RT 03 sebanyak 13 orang dan RT 07 sebanyak 12 orang, serta dihadiri oleh kader, ketua RT, perwakilan Pokja PKK, kelurahan dan LSM.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah melaksanakan penyuluhan tentang kesehatan lingkungan di lokasi P2WKSS dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan serta pencegahan penyakit dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan, khususnya kesehatan lingkungan di lokasi wilayah P2WKSS secara umum, sedangkan secara khusus bertujuan untuk :

  1. Masyarakat mendapatkan informasi tentang kesehatan lingkungan.
  2. Masyarakat bisa berbagi melalui tanya jawab seputar kesehatan lingkungan di wilayah lokasi P2WKSS.
  3. Meningkatnya cakupan kegiatan di lokasi P2WKSS

Kegiatan Penyuluhan tentang Kesehatan Lingkungan di Lokasi P2WKSS Kota Depok diharapkan menjadi kegiatan yang dapat memberikan pembekalan dan pengetahuan yang memadai tentang kesehatan lingkungan kepada masyarakat agar tahu, mau dan mampu merubah serta meningkatkan perilaku secara mandiri, sehingga terjadi peningkatan kualitas kesehatan lingkungan dan pencegahan penyakit, khususnya di wilayah RW 15 Kelurahan Pancoran Mas.

Comments

comments