NEWS UPDATE

Lomba Bayi Sehat dengan ASI Eksklusif Puskesmas Ratujaya

Silahkan Share

Peningkatan kecerdasan, produktivitas dan sumber daya manusia dimulai dengan pembangunan sejak masa kanak-kanak. Dalam keseluruhan siklus hidup manusia, masa bayi merupakan masa yagn turur menentukan dalam pembangunan manusia yang handal, karena merupakan masa yagn paling kritis terutama ditinjau dari aspek pertumbuhan dan perkembangannya. Ironisnya tidak semua pihak menyadari bahwa tumbuh dan berkembangnya generasi muda ini dimulai dari keluarga.

Dalam perkembangan bangsa, peningkatan kualitas manusia harus dimulai sedini mungkin yaitu sejak bayi. Salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas manusia adalah pemberian Air Susu Ibu (ASI). Pertumbuhan dan perkembangan bayi sebagian besar ditentukan oleh jumlah Air Susu Ibu (ASI) yagn diperoleh termasuk energi dan zat gizi lainnya yang terkandung di dalam ASI tersebut. ASI tanpa bahan makanan lain dapat mencukupi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi sampai dengan usia 6 (enam) bulan.

Wilayah kerja Puskesmas Ratu Jaya terdiri dari dua kelurahan yaitu kelurahan Ratu Jaya dan Pondok Jaya. Berdasarkan hasil pencapaian program Gizi Puskesmas Ratu Jaya tahun 2017, cakupan ASI Eksklusif sebesar 42,91%, terdapat kesenjangan 47,09% dari target yang diharapkan 90%.

Secara umum kegiatan ini bertujuan sebagai media stimulant untuk meningkatkan cakupan ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Ratu Jaya.

Adapun kriteria penilaian lomba bayi sehat ini sebagai berikut :

  1. Bayi berusia minimal 6 (enam) bulan dan maksimal berusia 7 (tujuh) bulan 29 (dua puluh sembilan) hari
  2. Lulus ASI Eksklusif
  3. Memiliki KMS
  4. Status gizi menurut tinggi dan berat badan
  5. Pemantauan tumbuh kembang bayi
  6. Pemeriksaan dan analisis KMS
  7. Pemeriksaan fisik 10 tanda bayi sehat
  8. Status imunisasi

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran ibu bayi tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif.

Sumber : Puskesmas Ratu Jaya

 

Comments

comments