NEWS UPDATE

Kenali Kusta Sejak Awal

Silahkan Share

1.Kenali KUSTA
Penyakit KUSTA adalah penyakit yang menahun dan disebabkan oleh kuman Kusta (mycobacterium leprae) yang menyerang kulit, syaraf tepi dan jaringan tubuh lainnya.

Ada 2 jenis Penyakit Kusta

-Kusta Kering (pausi Basiler)

-Kusta Basah (Multi Basiler)

2.Gejala penyakit KUSTA

Gejala awal :

Kelainan pada kulit berupa bercak putih seperti panu ataupun bercak kemerahan yang kurang rasa ataupun mati rasa, tidak ditumbuhi bulu,tidak mengeluarkan keringat, tidak gatal dan tidak sakit,sehingga  penderita seringkali tidak merasa terganggu.

Gejala lanjut :

Ditandai adanya KECACATAN pada:

MATA : Tidak bisa menutup mata,banhka bisa sampai buta

Telapak Tangan :

-Mati rasa pada telapak tangan

-Jari-jari kiting,memendek (Absorbsi) dan putus-putus (Mutilasi)

-Lunglai

Telapak kaki  :

-Mati rasa pada telapak kaki

-Jari-jari kiting, memendek dan putus-putus

-Semper

Cacat kuman terjadi karena kuman yang menyerang syaraf pada penderita, yang terlambat ditemukan dan terlambat diobati.

3.Penyebab

Kusta disebabkan kuman Kusta, bukan disebkan oleh :
– Kutukan

-Keturunan

– Dosa

-Guna-guna

-Makanan

Kondisi tersebut merupakan anggapan yang salah di masyarakat yang menyebabkan keterlambatan berobat ke pelayanan Kesehatan, sehingga terjadi kecacatan.

Dengan teratur minum obat saya sembuh dari Kusta. Supaya tidak cacat kenali gejala Kusta Sejak awal.

  1. PENULARAN

Tidak semua orang dapat tertular penyakit kusta, hanya sebagian kecil saja (sekitar 5%) yang dapat tertular. Kondisi tubuh yang lemah memusdahkan tertular penyakit Kusta.

Penyakit kusta dapat menular dari penderita penyakit kusta tipe basah yang tidak diobati. Penularan dapat terjadi melalui pernafasan dalam waktu yang lama.

Penyakit kusta hanya mengenai seseorang yang kondisi/kekebalan tubuhnya lemah dan kontak yang lama dengan penderita kusta tipe basah yang tidak diobati. Oleh karena itu penderita kusta tidak perlu ditakuti atau dikucilkan.

5.Pecegahan

Imunisasi BCG pada bayi mampu mengurangi kemungkinan terkena kusta. Segara berobat kepuskesmas bila mengalami kelainan kulit berupa bercak mati rasa. Cacat Kusta dapat dicegah dengan minum obat dan diperiksa ke puskesmas secara teratur.

6.Bagaimana Pengobatan Penyakit Kusta ?

Obat untuk menyembuhkan penyakit Kusta dikemas dalam bentuk blister (keeping) yang disebut Multi Drug Therapy (MDT).

Lama minum obat tergantung dari jenis penyakit Kusta. Untuk jenis Kusta basah obat harus diminum setiap hari selama 12 Bulan.

Untuk Kusta kering obat harus diminum selama 6 Bulan.

Obat dapat diambil di Puskesmas.

Kusta dapat disembuhkan tanpa cacat bila berobat secara dini dan teratur.

Penyakit Kusta dapat disembuhkan tanpa cacat bila penderita minum obat secara teratur sesuai aturan dan petunjuk dari petugas kesehatan.

1. SEGERA PERIKSA KE PUSKESMAS jika ada bercak di kulit yang tidak ditumbuhi bulu, tidak mengeluarkan keringat, kurang rasa/mati rasa kerena kemungkinan tanda awal penyakit Kusta.
2. PERHATIKAN jika bercak mati rasa menjadi tebaldan tambah merah atau bercak bertambah banyak disertai demam dan nyeri sendi.

Comments

comments