NEWS UPDATE

Dinkes Selenggarakan Workshop Kesehatan Kerja di Perkantoran Dalam Rangka Bulan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3)

Silahkan Share

Pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini, memerlukan dukungan dari semua sektor. Salah satu pembangunan yang dilakukan pemerintah adalah pembangunan di bidang kesehatan. Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Pekerja merupakan investasi pembangunan, secara sosial dan ekonomis. Pekerja harus mendapat perhatian dan perlindungan kesehatan agar dapat menjadi aset yang produktif dan mendukung pembangunan bangsa yang berkarakter. Di era globalisasi, perkembangan ilmu dan teknologi, menyebabkan transisi epidemiologi yang berdampak pada kesehatan pekerja. Pekerja juga dapat berpotensi mendapatkan bahaya ketika bekerja seperti penyakit akibat kerja dan kecelakaan pada saat bekerja. Bahaya potensial yang terdapat di tempat kerja akan mempengaruhi kesehatan pekerja karena umumnya pekerja menghabiskan sepertiga hidupnya di tempat kerja.

Upaya kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan terutama bagi pekerja menjadi tanggungjawab bersama pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha/swasta. Upaya mendorong peningkatan kesehatan kerja dengan memperingati Bulan K3 yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari setiap tahunnya. Dengan mengambil tema peringatan bulan K3 Nasional tahun 2019 “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional”, diharapkan dapat meningkatkan peran serta dunia usaha, masyarakat serta pemangku kebijakan dalam mendukung program kesehatan kerja agar menghasilkan pekerja sehat produktif berkualitas yang berperan besar dalam meningkatkan ekonomi keluarga sebagai investasi dan pembangunan suatu bangsa.

Menerapkan budaya K3 di Fasilitas Pelayanan Kesehatan merupakan bagian dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia kesehatan. Pekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan merupakan penggerak roda perekonomian bangsa, aset bagi tempat kerja, tulang punggung keluarga dan pencetak generasi penerus bangsa. Penerapan budaya K3 di Fasilitas Pelayanan Kesehatan dapat menjadikan tempat kerja nyaman, aman dan sehat.

Pada prinsipnya semua kantor mempunyai faktor risiko yang dapat menimbulkan penyakit maupun kecelakaan pada pekerja. Pekerja di perkantoran beraktifitas 8 (delapan) jam atau lebih setiap hari, selain itu gedung tinggi (gedung perkantoran) sangan rentan terhadap aspek keselamatan saat terjadi gempa bumi dan kebakaran. Kondisi ini bila tidak diantisipasi dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan akibat kerja yang menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan hal tersebut dalam rangka mendukung terwujudnya upaya keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran yang lebih efektif dan efisien diperlukan standar penyelenggaraan keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran untuk dapat dijadikan acuan oleh pihak terkait.

(11/02/2019) Dinas Kesehatan Kota Depok melalui Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga menyelenggarakan Workshop Kesehatan Kerja di Perkantoran. Peserta berjumlah tidak kurang dari 100 orang, terdiri dari ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Depok, Puskesmas dan Perusahaan di Kota Depok. Adanya kegiatan ini diharapkan peserta dapat membudayakan K3 dalam mendukung kesejahteraan pekerja di masing-masing unit kerja, dan mengingatkan pentingnya budaya K3 di tempat kerja.

Sumber : Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga

Comments

comments