NEWS UPDATE

Workshop Kesehatan Lingkungan Tempat Umum dan Industri

Silahkan Share

Program penyehatan lingkungan bertujuan untuk mewujudkan mutu lingkungan yang lebih sehat agar dapat melindungi masyarakat dari ancaman yang berasal dari lingkungan sehingga tercapai derajat kesehatan individu, keluarga dan masyarakat yang optimal. Sedangkan tujuan program hygiene sanitasi tempat-tempat umum adalah meningkatkan kualitas lingkungan tempat-tempat umum yang memenuhi persyaratan kesehatan sehingga dapat melindungi masyarakat dari penularan penyakit, keracunan, kecelakaan, pencemaran lingkungan serta gangguan kesehatan lainnya. (Depkes: 1999)

Program penyehatan dan pengawasan tempat-tempat umum dan industri (TTU-I) terdiri dari banyak kegiatan, antara lain : pengujian limbah cair puskesmas, inspekai/bintek sarana pelayanan kesehatan swasta, inspeksi kesehatan lingkungan yang terampil dalam pengguanan alat-alat kesehatan lingkungan yagn semakin lama mengalami perkembangan dalam cara penggunaannya, sehingga dengan terlatihnya tenaga kesehatan lingkungan puskesmas diharapkan akan terpantaunya kesehatan lingkungan di sekolah maupun tempat-tempat umum lainnya secara terukur.

Dinas Kesehatan Kota Depok melalui Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga menyelenggarakan Workshop Kesehatan Lingkungan dengan peserta terdiri dari 35 orang petugas Sanitarian di Puskesmas. Kegiatan yag terselenggara selama 2 hari pada tanggal 17-18 Juli 2019 ini bertujuan dapat tertanganinya air limbah puskesmas dengan baik dan benar serta terlatihnya tenaga puskemas dalam menggunakan sanitarian kit.

Adapun kegiatan dari workshop ini terdiri dari evaluasi kegiatan inspeksi kesehatan lingkungan di fasilitas kesehatan Kota Depok, Materi tentang pengelolaan air limbah di puskesmas, pengelolaan sampah dan penggunaan sanitarian kit.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat terwujudnya pengawasan terhadap tempat sarana pelaanan yang memenuhi syarat, limbah cair puskesmas tidak mencemari lingkungan fasilitas kesehatan dan dapat menunjang kegiatan dalam menjalankan tugas inspeksi kesehatan lingkungan di lapangan.

Sumber : Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga

Comments

comments