NEWS UPDATE

Pertemuan Evaluasi Pendataan Keluarga Sehat dan Intervensi Lanjut PIS-PK

Silahkan Share

(08/08/2019) Bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Depok, Seksi Pelayanan Kesehatan Primer menyelenggarakan Pertemuan Evaluasi Pendataan Keluarga Sehat dan Intervensi Lanjut PIS-PK. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan 35 puskesmas se-Kota Depok sebagai unit pelaksana pendataan PIS-PK.

Salah satu pilar utama program Indonesia sehat yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia adalah Penguatan Pelayanan Kesehatan yang dilakukan melalui strategi  peningkatan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Dalam melaksanakan srategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan menetapkan strategi operasional dengan Pendekatan Keluarga. Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas diharapkan tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga luar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. Pendekatan keluarga ini merupakan pengembangan dari kunjungan rumah oleh Puskesmas dan perluasan dari upaya Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) yang selama ini sudah berjalan.

Di Kota Depok, Program Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga sudah mulai di laksanakan pada tahun 2017 di mana lokus pelaksanaan Pendataan Keluarga Sehat (KS) yang ditunjuk adalah Puskesmas Cimanggis dengan sasaran kelurahan Curug. Sedangkan pada tahun 2018, 32 Puskesmas di kota Depok sudah mempunyai akun aplikasi PIS PK dan mulai melaksanakan Pendataan Keluarga Sehat dengan target pada tahun 2019 adalah 100 % Keluarga sudah terdata dan mempunyai Prokesga (Profil Kesehatan keluarga). Sedangkan untuk 3 Puskesmas sisanya sedang menunggu dalam proses mendapatkannomer register.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga telah dilaksanakan mulai tahun 2017, dalam system manajemen yang baik, pelaksanaan program harus selalu diikuti dengan tahapan pemantauan dan evaluasi agar pelaksanaan maupun pencapaian target sesuai dengan track yang telah ditentukan atau ditetapkan dan terciptanya peningkatan kualitas pelaksanaan program. Oleh karenaitu, pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga diperlukan pemantauan dan evaluasi dalam rangka mendapatkan gambaran pelaksanaan dan pencapaian hasil.

Kegiatan evaluasi pelaksanaan/penerapan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga bertujuan untuk :

  1. Mengevaluasi pelaksanaan Pendataan Keluarga Sehat dan hasilnya.
  2. Evaluasi Intervensiawal dan menginput hasil intervensi lanjut
  3. Merencanakan pelaksanaan intervensi lanjutan pendataan Keluarga Sehat
  4. Mengkoordinasikan kegiatan PIS PK antara Puskesmas dan Dinas Kesehatan (program)

Narasumber berjumlah2 (dua) orang dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI yaitu Kepala Subbid Arsitektur Sistem Informasi, Farida Sibuea, SKM, MScPH dan dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

Peserta kegiatan ini sebanyak 70 Peserta, terdiridari 35 orang Kepala Puskesmas Se- Kota Depok dan pemegang program PIS PK di Puskesmas sebanyak 35 Orang.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat pendataan Keluarga Sehat (KS) Kota Depok dapat tercapai hingga 100%.

Sumber : Seksi Pelayanan Kesehatan Primer

 

 

Comments

comments