NEWS UPDATE

Dinkes Sidak KTR di Tempat-Tempat Umum

Silahkan Share

Sidak KTR di Fave Hotel, Depok

Kota Depok telah mengeluarkan Peraturan Daerah No. 03 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Peraturan Daerah No. 126 Tahun 2016 tentanf petunjuk Teknis Pengawasan dan Pengendalian Kawasan Tanpa Rokok. Yang mana kedua peraturan ini adalah bentuk pelaksanaan amanah dari UU No.36 Tahun 2009 dan PP No. 109 Tahun 2012 yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah wajib menetapkan Kawasan Tanpa Rokok di wilayahnya. Serta adanya dukungan surat dari Kementrian Dalam Negri Indonesia dengan nomor 440/7468/Bangda perihal Penerapan Regulasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Daerah yang di tunjukan kepada kepala daerah Bupati/ Wali Kota. Dalam surat tersebut disampaikan bahwa semua kepala Daerah Wajib memiliki regulasi terkait KTR dan perlu melaksanakan Perda tersebut secara efektif dengan mengoptimalkan peran Satpol PP dan melakukan serta Pengawasan pada KTR.

Pada Perda Kota Depok No.03 tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok pada psal 17 tentrang Kawasan Tanpa Rokok di Tempat Umum dan pasal 32 tentang Pengawasan oleh OPD maka diperlukan adanya Pengawasan di semua Kawasan Tanpa Rokok di Kota Depok termasuk Tempat Umum. Sehingga masing-masing kawasan dapat menindaklanjuti penerapan KTR ini.

Penerapan Kawasan Tanpa Rokok bertujuan melindungi hal sekelompok masyarakat bukan perokok untuk menghirup udara yang bersih dan sehat, bebas dari asap rokok. Selain itu, peraturan kawasan tanpa rokok juga membantu perokoko untuk dapat menahan kebiasaan merokoknya dan diangggap sebagai pembelajaran bagu perokok untuk berhenti merokok. Penerapan Kawasan Tanpa Rokok  juga semakin menyadarkan banyak orang  akan bahaya adiktif rokok dan mengembalikan norma untuk tidak merokok di tempat umum, terutama di ruang tertutup.

Penempelan Stiker KTR di Hotel Bumi Wiyata

Sebanyak 78 tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan Kota Depok, Satpol PP dan didampingi oleh LSM No Tobacco Community  melaksanakan sidak di beberapa pusat perbelanjaan dan hotel di Kota Depok. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melihat kepatuhan terhadap Perda KTR No. 3 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Dengan adanya Perda ini, setiap orang dilarang merokok di sembarang tempat. Pengelola tempat umum seperti hotel atau tempat perbelanjaan diwajibkan menyediakan tempat khusus merokok (Smoking Area) dengan syarat : (1). area terbuka/ada ventilasi, (2) ada tulisan SMOKING AREA/ AREA MEROKOK, (3).tidak menggunakan AC, (4). Asbak kecil untuk membuang abu rokok dan tempat sampah untuk membuang puntung rokok.

Selain pembinaan terhadap pengelola tempat-tempat umum, dilakukan juga penempelan stiker yang bertuliskan informasi dilarang merokok.

Sumber : Seksi Promosi Kesehatan

 

 

Comments

comments