NEWS UPDATE

Survey Akreditasi Puskesmas Depok Jaya dan Kemiri Muka

Silahkan Share

Survey Akreditasi Puskesmas Depok Jaya

Sebagaimana kita ketahui bahwa Visi Kota Depok adalah mewujudkan Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius. Dimana salah satu Misi nya adalah meningkatkan kualitas pelayanan public yang profesional dan transparan.

Selain itu terdapat Isu Kualitas Pelayanan Kesehatan Dasar, diantaranya adalah

  1. Pemberian pelayanan publik yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah;
  2. Puskesmas sebagai ujung tombak dan sekaligus sebagai tolok ukur pelayanan publik di bidang kesehatan, merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi;
  3. Penilaian kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas menunjukkan hasil yang belum memenuhi standar kualitas.

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan tersebut berbagai upaya telah dilakukan, termasuk di bidang kesehatan. Pemerintah Kota Depok berupaya dengan serius dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Depok. Di Bidang Kesehatan melalui Dinas Kesehatan, diupayakan untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), Sarana Prasarana, Regulasi, serta Pembiayaan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan. Dalam hal peningkatan mutu salah satunya adalah dengan akreditasi puskesmas.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014  bahwa setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.  Akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional Pasal 6 ayat (2).

Pembukaan Survey Akreditas Puskesmas Kemiri Muka

Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Di Kota Depok terdapat 35 puskesmas, 23 puskesmas sudah terakreditasi, tahun ini 6 puskesmas akan diakreditasi. Pada tanggal 17 – 19 Oktober 2019 Puskesmas Depok Jaya telah dilakukan proses penilaian Akreditasi, sedangkan dan tanggal 24-25 Oktober 2019 sedang berlangsung penilaian akreditasi di  Puskesmas Kemiri Muka dengan harapan dapat memperoleh hasil yang terbaik, dan menjadi semangat untuk selalu memberikan mutu pelayanan kesehatan secara maksimal.

Survey Akreditasi Puskesmas Depok Jaya

Untuk menjaga mutu pelayanan tersebut Dinas Kesehatan harus dapat melakukan Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi secara berkesinambungan. Semoga Survey Akreditasi dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan manfaat menuju Kota Depok Unggul, Nyaman dan Religius.

Sumber : Seksi Pelayanan Kesehatan Primer

Comments

comments