NEWS UPDATE

Dinkes Selenggarakan Peringatan HKN Ke-55

Silahkan Share

 

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 55 yang jatuh pada tanggal 12 November 2019, Dinas Kesehatan Kota Depok melalui Seksi Promosi Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan Kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional dan Komitmen Implementasi Kawasan Tanpa Rokok.

Tema HKN ke-55 tahun ini adalah “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” hal ini juga sejalan dengan visi Kota Depok yaitu “Unggul, Nyaman dan Religius.”

GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang merupakan amanah Presiden melalui Inpres No.1 tahun 2017 tentang Germas yang dicanangkan karena semakin tingginya kasus Penyakit Tidak Menular di Indonesia. Sehingga perlu dilakukan beberapa upaya GERMAS diantaranya :

  1. Peningkatan Aktifitas Fisik
  2. Penyediaan Pangan Sehat dan Percepatan Perbaikan Gizi
  3. Peningkatan Perilaku Hidup Sehat
  4. Peningkatan Kualitas Lingkungan
  5. Peningkatan Edukasi Hidup Sehat
  6. Peningkatan Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit

Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, prevalensi merokok pada usia 10-18 tahun sebesar 9,1% dan lebih tinggi dibandingkan hasil Sirkesnas tahun 2016 yakni sebesar 8,8%. Sedangkan Pemerintah berkomitmen untuk menurunkan prevalensi merokok pada populasi usia 10-18 tahun menjadi 5,4% pada akhir RPJMN 2015-2019. Sedangkan hasil Survey Cepat Kepatuhan KTR pada tahun 2018, didapatkan hasil bahwa kepatuhan total penerapan KTR di Kota Depok baru mencapai 21,9% dengan data kepatuhan pada angkutan umum masih 0%.

Tingkat kepatuhan atas larangan iklan, promosi dan sponsor rokok di tempat-tempat penjualan serta larangan mendisplay/memajang penjualan produk tembakau pada ritel-ritel modern tahun 2018 adalah sebesar 22,9%. Sedangkan pada ritel tradisional hanya 5% yang patuh. Artinya masih ada pekerjaan rumah tingkat kepatuhan sebesar 77,1%untuk ritel modern dan 95% pada ritel tradisional.

Rendahnya tingkat kepatuhan ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah perokok pemula karena adanya paparan iklan atau display rokok akan mempengaruhi mereka untuk mecoba rokok. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Daerah Kota Depok dan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kepatuhan dan mencapai target kepatuhan 80% pada tahun ini.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kota Depok merasa perlu megadakan kegiatan Kampanye GERMAS yang dirangkai dalam beberapa kegiatan yaitu Jalan Sehat yang akan diikuti oleh 3000 peserta, Komitmen Implementasi Kawasan Tanpa Rokok yang tahun ini berfokus pada retail dan angkutan umum serta testrikal/sosio drama tentang perjuangan melawan industri rokok dengan adanya simbolis penghancuran replika rokok dan bungkusnya, lomba menghias buah dan sayur melibatkan siswa dan orang tua murid SDIT Rahmaniyah, cek kesehatan dengan berbagai jenis pelayanan kesehatan, One Day Service pengurusan SIP untuk tenaga kesehatan yang akan memperpanjang SIP.

Rangkaian ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, orang tua dan pihak sekolah dan masyarakat secara umum dalam upaya membentuk generasi sehat demi terwujudnya Indonesia Unggul.

Kegiatan terselenggaran atas kerja sama berbagai pihak antara Dinas Kesehatan dengan SDIT Rahmaniyah, The Union dan berbagai mitra Pemerintah Kota Depok.

Sumber : Seksi Promosi Kesehatan

 

Comments

comments