NEWS UPDATE

Pemeriksaan Jemaah Haji Kota Depok Tahun 2020

Silahkan Share

Ibadah Haji merupakan  Rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi segenap umat Islam yang “mampu” untuk mengerjakannya. Kata ‘Mampu” tersebut dimaknai dengan Istitha’ah. Istitha’ah merupakan hal yang sangat penting dalam persyaratan mengerjakan Ibadah Haji karena Haji adalah ibadah Fisik dan Full Stress (40 hari waktu yang lama, perjalanan jauh dan melelahkan, jutaan orang berkumpul di tempat yang sama, cuaca dan suasana yang sangat berbeda).

Upaya pemeliharaan dan pembinaan kesehatan jamaah haji sudah mulai dilakukan di daerah asal, saat di perjalanan, di embarkasi , di Arab Saudi dan saat kembali ke Indonesia. Adapun pemeliharaan kesehatan di daerah asal meliputi pemeriksaan kesehatan tahap 1 dan tahap 2 serta Tes Kebugaran. Pada pemeriksaan tahap 1 akan ditetapkan status Jamaah Haji resiko tinggi (Resti) atau tidak resiko tinggi (non Resti) , sedangkan pada pemeriksaan tahap ke 2 akan ditentukan status Istitha’ah nya. Kuota jamaah haji Kota Depok tahun 2020 yaitu sebanyak 1.708 orang.

Untuk mempersiapkan kesehatan calon jemaah haji Tahun 2020, Dinas Kesehatan Kota Depok sudah melakukan rangkaian kegiatan Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Haji  dari bulan November 2019 . Pemeriksaan Kesehatan Haji tahap 1 sudah dimulai dari bulan Desember 2019.  Tujuan Pemeriksaan Kesehatan tahap 1 adalah agar dapat diketahui kondisi kesehatan Jamaah sedini mungkin,  faktor risiko yang ada pada diri jamaah, sehingga jamaah haji dapat mengelola kesehatannya untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal hingga menjelang keberangkatan ibadah Haji.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi :

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan penunjang:
  1. Laboratorium : darah rutin, kimia darah dan urinalisa
  2. Rontgen dada (thoraks)
  3. Elektrokardiogram (EKG), untuk yang usianya lebih dari 40 tahun atau jika ada indikasi dari dokter pemeriksa

Puskesmas yang melayani pemeriksaan kesehatan bagi calon Jemaah haji adalah Puskesmas sebagai berikut :

  1. UPTD Puskesmas Pancoran Mas
  2. UPTD Puskesmas Sawangan
  3. UPTD Puskesmas Cinere
  4. UPTD Puskesmas Sukmajaya
  5. UPTD Puskesmas Cilodong
  6. UPTD Puskesmas Beji
  7. UPTD Puskesmas Bojongsari
  8. UPTD Puskesmas Cipayung
  9. UPTD Puskesmas Cimanggis
  10. UPTD Puskesmas Tapos
  11. UPTD Puskesmas Limo

 

Sumber : Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Comments

comments