NEWS UPDATE

Forum Renja Dinkes Kota Depok

Silahkan Share

Narasumber Forum Renja Dinkes

Dinas Kesehatan sebagai salah satu Perangkat Daerah adalah organisasi atau lembaga pada Pemerintah Daerah yang bertanggung jawab kepada Kepala Daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di daerah, khususnya urusan kesehatan.  Dalam menyelenggarakan Tugas dan Fungsi Dinas Kesehatan, salah satu tahapan perencanaan pembangunan kesehatan adalah menyelenggarakan Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah , yaitu  Forum dengar pendapat publik dan penjaringan aspirasi dari pemangku kepentingan di daerah sesuai dengan bidang kewenangan Perangkat Daerah  untuk menyusun rencana pembangunan tahunan.

Dalam pelaksanaan Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah, perlu  memperhatikan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari kecamatan, kinerja pelaksanaan kegiatan Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah  tahun berjalan, rancangan awal RKPD serta Renstra Perangkat Daerah. Forum Rencana Kerja Dinas Kesehatan dilakukan untuk menyeleraskan Program dan kegiatan serta mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Dinas Kesehatan sejalan dengan Renstra Dinas Kesehatan dan RPJMD Kota Depok sehingga tercapai tujuan dan sasaran yang diharapkan.

Berdasarkan uraian tersebut diatas, dalam rangka pencapaian tujuan, sasaran dan indikator kinerja Dinas Kesehatan, salah satunya indikator AKI yang belum tercapai, dengan kondisi sumber daya yang dimiliki Dinas Kesehatan belum optimal, maka dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021 perlu dilakukan analisis lebih mendalam dengan mendengar masukan dari berbagai pihak, baik lintas program maupun lintas sektor sehingga intervensi yang akan dilakukan dalam pencapaian indikator dapat dilakukan secara tepat serta derajat kesehatan masyarakat yang diharapkan dapat tercapai.

Bertempat di Ballroom Margo Hotel (21/02/2020), Dinas Kesehatan menyelenggarakan Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2021. Sebanyak sekitar 180 orang terdiri dari Organisasi Profesi Kesehatan, Organisasi Kemasyarakatan, Perwakilan Perangkat Daerah, FKDS, Kecamatan se-Kota Depok, Rumah Sakit se-Kota Depok, Puskesmas se-Kota Depok, BPJS Kesehatan, dan beberapa stake holder yang terkait.

Kegiatan yang dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Depok Bidang Sosial dan Hukum, Drs. Mulyanto ini menghadirkan 4 (empat) orang narasumber yaitu T. Farida Rachmayanti, SE, M.Si, DPRD Kota Depok, Ir. Widyati Riyandani, Kepala BAPPEDA Kota Depok, Dr. Ede Surya Darmawan, S.KM., M.DM,   Ketua LPPKA FKM UI, drg. Novarita, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok.

Kegiatan Forum Renja Dinkes dimaksudkan dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan pada sektor kesehatan di Kota Depok sehingga dapat berdaya ungkit terhadap pencapaian kinerja dan target pembangunan kesehatan di Kota Depok.

Sumber : Dinkes Kota Depok

 

Comments

comments