Hari AIDS Sedunia

Setiap Tahun nya Hari AIDS sedunia di Peringati setiap tanggal 1 Desember 2022. 

Pada Tahun ini, WHO mengusung teman “Equalize” dimana dengan tema tersebut kita semua mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk mengatasi ketidaksetaraan yang menghambat proses dan progress untuk mengakhiri HIV/AIDS. 

Pada sekarang ini, masih banyak ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) yang mengalami diskriminasi dan dipandang miring atau sebelah mata  serta mereka menerima berbagai macam stigma negatif. 

Selain ODHA harus berjuang melawan penyakit mereka juga berjuang untuk melawan cap negatif dari masyarakat sehinggal hal ini banyak menyebabkan ODHA malu untuk memeriksakan kesehatan nya sehingga berakibat dengan  tidak optimalnya pengobatan dan perawatan yang mereka terima. Hal ini juga menyebabkan kematian dan penyebaran yang tidak terkendali atau semakin meluas. 

Kebanyakan, Stigma negatif /Hoax ataupun lain nya ada karena kurang nya informasi yang dimilki oleh masyarakat. 

Oleh karena itu, pada hari peringatan AIDS Sedunia ini, UPTD Puskesmas Tanah Baru mengajak seluruh masyarakat untuk menyebarkan informasi terkait HIV/AIDS serta menggugah kesadaran untuk memberikan dukungan kepada ODHA agar mereka tetap semangat menjalani hidup dan pengobatan 

Salam Sehat

Sumber : UPTD Puskesmas Tanah Baru