LEMAK

Tubuh kita memerlukan lemak untuk membentuk sebagian besar membran sel, membantu dalam meregulasikan temperatur badan yang memungkinkan kita bertahan diudara dingin lebih baik, membantu dalam penyerapan vitamin A D E K. 

Terdapat beberapa jenis lemak yang dapat memengaruhi kesehatan, diantaranya yaitu:

1. Lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Dapat melindungi jantung dan pembuluh darah serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. 

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh terdapat pada kemiri, hazelnut, wijen, kacang tanah, kacang almond, ikan salmon, ikan sarden, minyak zaitun, minyak kanola, dll. 

2. Lemak jenuh

Lemak jenuh merupakan lemak yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang kecil. Mengkonsumsi lemak jenuh yang berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

Makanan yang mengandung lemak jenuh terdapat pada daging sapi atau daging merah, daging ayam, unggas, produk olahan susu tinggi lemak, makanan olahan, minyak sawit, dll.

3. Lemak Trans

Lemak trans merupakan lemak jahat yang perlu dihindari. Lemak ini memiliki efek merusak karena diproses dengan cara menambahkan hidrogen. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Makanan yang mengandung lemak trans terdapat pada gorengan, makanan cepat saji (Junk Food), serta makanan kemasan lainnya. 

Tubuh sesungguhnya memerlukan asupan lemak dalam tubuh, akan tetapi asupan lemak yang dikonsumsi harus diperhatikan agar terhindar dari risiko obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, serta diabetes mellitus tipe 2.

#hidupsehatitubaik

Sumber : UPTD PUSKESMAS KEDAUNG

Berita Terbaru