PENTINGNYA MEMBERIKAN VITAMIN A PADA ANAK

Halo sobat sehat!

Vitamin A sangat penting diberikan kepada anak sejak dini karena memiliki peran dan manfaat yang penting bagi anak diantaranya adalah memiliki peran penting dalam fungsi penglihatan , berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan pada balita dan meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit akibat virus. Sedangkan, apabila anak kekurangan Vitamin A maka anak bisa rentan terserang penyakit.

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah menetapkan Bulan Kapsul Vitamin A jatuh pada bulan Februari dan Agustus. Di kedua bulan tersebut anak bisa mendapatkan suplementasi Vit A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan suplementasi Vit A Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Kapsul ini penting diberikan karena dengan adanya kecukupan vitamin A akan bisa membantu anak dalam membentuk daya tahan tubuhnya dan juga dalam segi kesehatan penglihatannya (Kemenkes, 2018).

Vitamin A termasuk zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia, zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Sumber Vitamin A bukan hanya melalui pemberian suplemen kapsul vitamin A. Namun, bisa juga dari beberapa sumber berikut:
1. Bahan Makanan Hewani
Makanan sumber vitamin A ada yang berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati
2. Bahan Makanan Nabati
Bahan makanan nabati yang mengandung beta-karoten (pro-vitamin A) yaitu sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan yang berwarna kuning-jingga, seperti daun singkong, daun kacang, kangkung, bayam, kacang panjang, buncis, wortel, tomat, jagung kuning, papaya, mangga, nangka masak dan jeruk. Minyak kelapa sawit yang berwarna merah kaya akan karoten.
3. Fortifikasi Makanan
Vitamin A juga dapat berasal dari produk hasil rekayasa yang diperkaya (fortifikasi) seperti dalam minyak goreng, margarin, susu dan beberapa jenis mie instan.
4. ASI
ASI merupakan sumber  energi yang memenuhi jumlah nutrisi yang dibutuhkan bayi. Zat – zat bernilai gizi tinggi dan vitamin yang terdapat pada ASI berguna bagi tumbuh kembang anak, perkembangan syaraf dan otak yang berpengaruh pada peningkatan kuliatias SDM sejak dini. Selain itu, pemberian ASI juga dapat memperkuat ikatan batin antara ibu dan bayi.

Kekurangan konsumsi vitamin A akan berdampak pada tubuh.  Kekurangan vitamin A adalah kondisi dimana tubuh tidak mendapat asupan vitamin A yang cukup. Tentunya apabila dibiarkan maka akan memicu permasalahan kesehatan pada tubuh. Pada tahap awal ditandai dengan gejala rabun senja atau kurang dapat melihat pada malam hari. Gejala tersebut juga ditandai dengan menurunnya kadar serum retinol dalam darah. Pada tahap selanjutnya terjadi kelainan jaringan epitel dari organ tubuh seperti paru–paru, usus, kulit serta mata, menggangu perkembangan janin dan daya tahan tubuh yang menurun. Gambaran kekurangan vitamin A yang khas dapat langsung terlihat pada mata.

Kekurangan Vitamin A dapat disebabkan oleh kurangnya asupan sumber Vitamin A baik dari makanan maupun sumplemen, adanya penyakit ISPA, berkurangnya atau adanya gangguan pada penyerapan, penyimpanan atau pengangkutan vitamin A dalam tubuh. Namun, tidak perlu khawatir karena kekurangan vitamin A dapat dicegah dengan:
1. Memberikan ASI ekslusif kepada bayi sampai berumur 6 bulan dan dilanjutkan pemberian ASI hingga berumur 2 tahun dan MP-ASI yang cukup berkualitas.
2. 
Konsumsi makanan yang tinggi Vitamin A
3. 
Berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Seberapa penting Vitamin A untuk tubuh kita? Yuk, simak beberapa manfaat dari konsumsi Vitamin A bagi anak:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare
2. 
Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap
3. 
Mencegah kelainan pada sel – sel epitel termasuk selaput lender mata
4. 
Mencegah terjadinya proses metaplasi sel – sel epitel sehingga kelenjar tidak memproduksi    cairan yang dapat menyebabkan kekeringan mata
5. 
Mencegah terjadinya kerusakan mata hingga kebutaan
6. 
Vitamin A esensial untuk membantu proses pertumbuhan

Lalu, dimana kapsul Vitamin A dapat diperoleh? Kapsul Vitamin A dapat diperoleh di berbagai fasilitas kesehatan mulai dari Posyandu, Bidan, Puskesmas, Praktek Swasta dan Rumah Sakit.

Yuk, Beri Vitamin A pada anak. Jangan sampai terlewat ya!
Salam Sehat dan Semangat!


Sumber:
Maryani, D. (2019). Suplementasi Vitamin a Bagi Ibu Post Partum Dan Bayi. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan6(1), 9-15.
Kementrian Kesehatan RI 2018
Buku ajar dasar – dasar gizi.Atikah Rahyu at al. ISBN 978-623-7550-41-9. Pernerbit cv.mine.


Mahasiswa Semester 7 Fakultas Ilmu Kesehatan Jurusan Ilmu Gizi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Angkatan Tahun 2019

Sumber : UPTD Puskesmas Sawangan