Standar Pelayanan Cek Kesehatan Gratis UPTD Puskesmas Tanah Baru

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN CEK KESEHATAN GRATIS

No

KOMPONEN

URAIAN

PENYAMPAIAN PELAYANAN

Persyaratan Pelayanan

·         Warga sudah mendaftar mendapatkan kode tiket dari satu sehat mobile (SSM) dan sudah mengisi hasil skrining secara mandiri

·         Membawa KTP/BPJS Kesehatan

2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

1.    Pasien menunjukkan kode tiket pada aplikasi SSM dan mengambil nomor antrian khusus;

2.    Pasien dilakukan pendaftaran di ruang pendaftaran;

3.    Pasien dilakukan pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut dan Tekanan Darah di nurse station;

4.    Pasien menunggu kembali di ruang tunggu (dekat Ruang 2) untuk dilakukan skrining lanjutan sesuai dengan paket pemeriksaan berdasarkan siklus hidup;

5.    Pasien akan diberikan rujukan internal sesuai kebutuhan (ruang pemeriksaan gigi/iva/laboratorium/R. Pemeriksaan TBC);

6.    Pasien akan Kembali ke ruang pemeriksaan 2 jika masih ada pemeriksaan lainnya;

7.    Pasien pulang setelah pemeriksaan selesai;

8.    Pasien akan melihat hasil pemeriksaan melalui aplikasi SSM.

3.

Jangka Waktu Pelayanan

Jam Pelayanan

1.      Senin-Kamis : 07.30-11.00 WIB

2.      Jum’at-Sabtu : 07.30-10.00 WIB

Jangka waktu pelayanan  sesuai dengan tindakan yang dilakukan sekitar 60 menit.

4.

Biaya/tarif

 Gratis

5.

 Produk Pelayanan

Pasien mendapatkan skrining Kesehatan sesuai dengan siklus hidup

6.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Ma?ukan

Pengaduan saran dan masukan dapat disampaikan secara:

1.    Langsung: yaitu langsung bertemu melalui lisan kepada pengelola pengaduan pelayanan di UPTD Puskesmas Tanah Baru

2.    Tidak Langsung: yaitu pengaduan dan saran dapat dituliskan pada kotak saran yang telah tersedia di UPTD Puskesmas Tanah Baru. Adapun pengaduan dan saran yang disampaikan secara tidak langsung juga dapat disampaikan melalui elektronik pada:

·         Scan Barcode Kotak Saran

·         Facebook: Puskesmas Tanah Baru

·         Instagram: pkmtanahbaru

·         Telepon: (021) 78520052

·         Email: puskesmastanahbaru3@gmail.com

·         SIGAP: Sigap.depok.go.id

·         S4PN: www. Lapor.go.id

·         Web: https://pkmtanahbaru.depok.go.id

 

Catatan : Jika pasien keterbatasan untuk menulis atau membaca ataupun penyandang disabilitas maka akan dibantu oleh petugas pengelolaan pengaduan dan saran di UPTD Puskesmas Tanah Baru dalam menyampaikan pengaduan dan saran.

PENGELOLAAN PELAYANAN

7

Dasar Hukum

HK.01.07/MENKES/33/2025 tentang Petunjuk Teknis Pemeriksaan Kesehatan Gratis Hari Ulang Tahun

8

Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas

1.    Ruang pemeriksaan CKG Ulang Tahun

2.    BMHP pemeriksaan Laboratorium

3.    EKG

4.    Pemeriksaan deteksi dini Kanker serviks

5.    Snellen Chart

6.    Stopwatch

7.    Alat dan Form pemeriksaan SDIDTK

9

Kompetensi Pelaksana

1.    Nakes yang memiliki STR dan SIP

10

Pengawasan Internal

1.    Dilakukan oleh Penanggung Jawab Lintas Klaster

2.    Tim Audit Internal

3.    Kepala UPTD Puskesmas

11

Jumlah Pelaksana

1.    Pendaftaran     : 1 orang

2.    Dokter umum   : 1 orang

3.    Perawat           : 1 orang

4.    Dokter Gigi      : 1 orang

5.    Bidan               :1 orang

6.    ATLM              : 1 orang

  

Jaminan Pelayanan

Mendapatkan rapor hasil pemeriksaan Kesehatan sesuai terperiksa

13

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

1.    Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya

2.    Peralatan medis yang digunakan sesuai standar 

3.    Obat dan bahan medis yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja dapat dilakukakan melalui :

1.    Penilaian Kinerja Puskesmas

2.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali

3.    Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

4.    Survei kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

 

 

Sumber : UPTD Puskesmas Tanah Baru

Berita Terbaru