STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN RUJUKAN

LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS TANAH BARU

NOMOR         : 445/0099/KPTS/TB/II/2022

TANGGAL     : 28 Februari 2022

 

STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN RUJUKAN

No

KOMPONEN

URAIAN

PENYAMPAIAN PELAYANAN

1

Persyaratan pelayanan

 Pasien Baru :

  1. Membawa Foto copy KTP/KK/KIA
  2. Membawa Kartu BPJS (Untuk pasien BPJS)

Pasien Lama :

  1. Membawa Kartu Berobat
  2. Membawa Kartu BPJS/KTP untuk pasien BPJS

2

Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan

Mendaftar Secara Langsung :

1.    Pasien mengambil nomor antrian yang sudah disiapkan oleh petugas pendaftaran;

2.    Pasien dilakukan screening kesehatan untuk risiko Covid 19;

3.    Pasien menunggu panggilan sesuai nomor antrian di pendaftaran

4.    Pasien dipanggil di pendaftaran :

a.    Petugas menanyakan kepada pasien apakah sudah pernah berobat atau belum

b.    Jika pasien belum pernah berobat maka petugas pendaftaran meminta pasien untuk memperlihatkan kartu identitasnya seperti KTP/KK/KIA

c.    Petugas menanyakan kepada pasien apakah memiliki kartu BPJS

d.    Jika pasien memiliki kartu BPJS maka pasien diminta untuk memperlihatkan nomor kartu kepada petugas pendaftaran dan petugas pendaftaran melengkapi identitas pasien serta melakukan autentifikasi.

e.    Apabila pasien yang berobat merupakan pasien lama maka petugas pendaftaran meminta pasien untuk memperlihatkan Kartu Identitas Berobat (KIB) atau kartu BPJS.

f.     Bagi pasien yang tidak membawa KIB, maka pasien diminta menunjukkan kartu BPJS atau KTP.

g.    Petugas pendaftaran menanyakan keperluan pasien

h.    Jika keperluan pasien untuk membuat surat rujukan :

a.    Rujukan Baru

1)    Pasien diberikan arahan oleh petugas pendaftaran untuk periksa ke ruang pemeriksaan umum terlebih dahulu apakah kondisi pasien memerlukan rujukan ke rumah sakit atau tidak sesuai dengan keputusan dokter

2)    Jika pasien tidak memerlukan rujukan ke rumah sakit maka pasien akan diberikan pengobatan terlebih dahulu di puskesmas

3)    Tetapi jika pasien memerlukan rujukan ke rumah sakit maka pasien akan dibuatkan surat rujukan sesuai dengan keputusan dokter (dengan catatan memiliki kartu BPJS aktif di faskes UPTD Puskesmas Tanah Baru)

4)    Pasien didaftarkan dan menunggu panggilan kembali untuk diperiksa di nurse station dan ruang pemeriksaan umum

5)    Setelah pasien diperiksa apabila pasien mendapatkan keterangan untuk dirujuk maka pasien ke bagian pendaftaran untuk dibuatkan surat rujukan

6)    Kemudian surat rujukan dicetak oleh petugas pendaftaran

7)    Tetapi apabila pasien tidak mendapatkan keterangan rujukan dari dokter maka pasien menuju ke farmasi untuk diberikan obat apabila pasien mendapatkan resep dari dokter.

8)    Pasien pulang.

b.    Rujukan Lama

1)    Pasien memperlihatkan kartu kontrol dari dokter rumah sakit

2)    Pasien didaftarkan

3)    Pasien dipersilahkan untuk duduk dan menunggu panggilan kembali di nurse station

4)    Setelah pasien diperiksa, pasien ke bagian pendaftaran untuk dibuatkan surat rujukan dan dicetak oleh petugas pendaftaran

5)    Pasien pulang.

 

Flowchat Pasien Daftar Langsung

Oval: Pasien datang
Hexagon: Pernah Berobat?
Rectangle: Rounded Corners: Kelengkapan data administrasi
Rectangle: Rounded Corners: Pasien mendaftar unyuk membuat rujukan
Text Box: BARU
Text Box: LAMA
Text Box: Nurse Statsion
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Ya                             tidak

 

Text Box: Ke pendaftaran cetak rujukan
Oval: pulang
Oval: Pulang
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3

Jangka waktu pelayanan

Jam Pelayanan Pendaftaran Pagi :

1.      Senin-Kamis : 07.00-11.00 WIB

2.      Jum’at-Sabtu : 07.00-10.00 WIB

 

Rujukan Baru : 10 menit

Rujukan Lama : 5 menit

4

Biaya/tarif

Gratis untuk pasien peserta BPJS dengan FKTP Tk 1 UPTD Puskesmas Tanah Baru

 

Rp 2.000; untuk pasien umum

5

Produk pelayanan

Pasien mendapatkan rujukan ke Jenjang pelayanan lebih tinggi

6

Penanganan, pengaduan, saran dan masukan

1)  Pengaduan saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui kotak saran yang terdapat didepan taman Toga puskesmas.

2)  Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via media social

 

·      Facebook : Puskesmas Tanah Baru

·      Instagram :pkmtanahbaru

·      Telepon  : (021) 78520052

·      Call Center : 085776960009

·      Email :puskesmastanahbaru3@gmail.com

·      SIGAP  : Sigap.depok.go.id

·      S4PN : www. Lapor.go.id

·Web : https://pkmtanahbaru.depok.go.id

 

Sumber : UPTD Puskesmas Tanah Baru

Berita Terbaru