STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN SEHAT

LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS TANAH BARU

NOMOR         : 445/0099/KPTS/TB/II/2022

TANGGAL     : 28 Februari 2022

 

STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN SEHAT

 

No

KOMPONEN

URAIAN

PENYAMPAIAN PELAYANAN

1

Persyaratan pelayanan

 Pasien Baru :

  1. Membawa Foto copy KTP/KK/KIA
  2. Membawa Kartu BPJS (Untuk pasien BPJS)

Pasien Lama :

  1. Membawa Kartu Berobat
  2. Membawa Kartu BPJS/KTP untuk pasien BPJS

2

Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan

Mendaftar Secara Langsung :

1.    Pasien mengambil nomor antrian yang sudah disiapkan oleh petugas pendaftaran atau pasien mendaftar online;

2.    Pasien menunggu panggilan sesuai nomor antrian di pendaftaran

3.    Pasien dipanggil di pendaftaran :

a.    Petugas menanyakan kepada pasien apakah sudah pernah berobat atau belum

b.    Jika pasien belum pernah berobat maka petugas pendaftaran meminta pasien untuk memperlihatkan kartu identitasnya seperti KTP/KK/KIA.

c.    Petugas menanyakan kepada pasien apakah memiliki kartu BPJS. Jika pasien memiliki kartu BPJS maka pasien diminta untuk memperlihatkan nomor kartu BPJS kepada petugas pendaftaran dan petugas pendaftaran melengkapi identitas pasien serta melakukan autentifikasi.

d.    Apabila pasien yang berobat merupakan pasien lama maka petugas pendaftaran meminta pasien untuk memperlihatkan KIB

e.    Jika pasien tidak membawa KIB, maka pasien diminta menunjukkan kartu BPJS (bila ada) atau KTP.

f.     Petugas pendaftaran menanyakan keperluan pasien terkait  pembuatan surat keterangan sehat.

g.    Pasien diminta menunggu panggilan kembali untuk dilakukan pemeriksaan di nurse station dan di ruang pemeriksaan umum untuk dilakukan pemeriksaan terkait surat keterangan sehat.

h.    Kemudian setelah pasien selesai diperiksa pasien kembali ke pendaftaran/kasir untuk stempel surat keterangan sehat yang sudah ditanda tangani oleh dokter.

i.      Pasien pulang.

 

 

Flowchat Pasien Daftar Langsung

 

Oval: Pasien datang
Rectangle: Rounded Corners: Pasien mengambil nomor antrian/ mendaftar online
Rectangle: Rounded Corners: Pasien menunggu panggilan sesuai nomor antrian di pendaftaran
Rectangle: Rounded Corners: Kelengkapan data administrasi
Rectangle: Rounded Corners: Pasien mendaftar sesuai dengan keperluan (pembuatan surat keterangan sehat)

Pasien terdaftar dan menunggu kembali di ruang tunggu

 

 

Pemeriksaan

 

Pembuatan surat keterangan sehat

 
Oval: Pasien pulang
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3

Jangka waktu pelayanan

Jam Pelayanan Pendaftaran Pagi :

1.      Senin-Kamis : 07.00-11.00 WIB

2.      Jum’at-Sabtu : 07.00-10.00 WIB

 

Surat Keterangan Sehat : 10 menit

4

Biaya/tarif

Pendaftaran gratis untuk BPJS

Rp 2.000; untuk pasien umum

Pembuatan Surat Keterangan Sehat Rp 10.000;

5

Produk pelayanan

Pasien mendapatkan surat keterangan sehat

6

Penanganan, pengaduan, saran dan masukan

1)  Pengaduan saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui kotak saran yang terdapat didepan taman Toga puskesmas.

2)  Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via media social

 

·      Facebook : Puskesmas Tanah Baru

·      Instagram :pkmtanahbaru

·      Telepon  : (021) 78520052

·      Call Center : 085776960009

·      Email :puskesmastanahbaru3@gmail.com

·      SIGAP  : Sigap.depok.go.id

·      S4PN : www. Lapor.go.id

·Web : https://pkmtanahbaru.depok.go.id

 

Sumber : UPTD Puskesmas Tanah Baru