GERMAS HCTPS GOES TO SCHOOL

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2021 “Germas Goes To School”, serentak dilaksanakan di 11 Kecamatan di Kota Depok pada hari senin tanggal 18 Oktober 2021 yang diwakili oleh 11 Sekolah yang terdiri dari tingkatan Taman Kanak-kanak (TK), sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), hingga Pondok Pesantren.

 

Wilayah Kecamatan Cimanggis diwakili oleh SDN Curug 2. Rangkaian acara tersebut terdiri dari uji petik rapid test antigen kepada perwakilan siswa/siswi dan semua guru di SDN Curug 2, selain itu juga ada kegiatan penyuluhan Germas yang disampaikan oleh 2 narasumber, yaitu yang pertama Sekertaris Daerah Kota Depok sekaligus Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Supian Suri dan narasumber kedua yang membahas CTPS oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Siti Barkah Supian Suri. Selain itu ada juga kegiatan screening Kesehatan bagi peserta dan monitoring evaluasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) serta inspeksi sanitasi sekolah yang benar. “Acaranya keren, Cimanggis Keren” tutur Supian Suri saat menghadiri acara kegiatan Germas Goes To School, senin (18/10/2021).

 

CTPS harus terus di gencarkan kepada siswa di sekolah, “Kebiasaan CTPS yang baik akan menjadi Tindakan preventif yang dapat berpengaruh besar terhadap Kesehatan. Karena, dengan mencuci tangan pakai sabun dapat menghilangkan virus dan bakteri yang menempel di tangan“ tutur Supian Suri saat memberikan materi gerakan cuci tangan pakai sabun di SDN Curug 2 Kelurahan Curug Kecamatan Cimanggis.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Cimanggis Lina Herliana mengatakan, "Hari ini Dinkes Kota Depok  memperingati Hari CTPS sedunia dimana CPTS merupakan salah satu upaya pencegahan penularan virus Covid-19, dan juga salah satu upaya pencegahan penyakit-penyakit yang harapannya CTPS akan menjadi budaya kita. Sesuai dengan tema CTPS yang dikeluarkan oleh kementrian Kesehatan (Kemenkes) untuk tahun ini, CTPS Budaya Kita" Dengan cuci tangan, kita dapat terhindar dari penyakit dan tubuh akan tetap sehat, sehingga aktivitas dapat berjalan dengan baik dan produktif," pungkasnya. (PP)

Sumber : UPTD Puskesmas Cimanggis

Berita Terbaru