HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) PUSKESMAS CIMANGGIS SEMESTER I TAHUN 2025

Depok, — Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Cimanggis sudah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pengguna layanan pada Semester I periode Januari sd Juli   tahun 2025. Pelaksanaan SKM ini sebagai bentuk komitmen peningkatan mutu pelayanan publik di UPTD Puskesmas Cimanggis. Dari hasil survei yang diikuti oleh 379 responden, diperoleh nilai rata-rata kepuasan sebesar 88,64, yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil ini menunjukkan bahwa masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Cimanggis, baik dari segi ketepatan pelayanan, keramahan petugas, kebersihan lingkungan, maupun kenyamanan fasilitas.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Rizky Andriani Alimy menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam survei SKM tahun ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya kepada Puskesmas Cimanggis. Hasil ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar lebih cepat, ramah, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Survei Kepuasan Masyarakat dilaksanakan sesuai dengan Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Beberapa aspek yang dinilai dalam survei meliputi:

·         Persyaratan , dengan nilai 3,567

·         Prosedur pelayanan dengan nilai 3,559

·         Waktu Pelayanan 3,396

·         Biaya / Tarif 3,604

·         Produk Layanan 3,493

·         Kompetensi Pelaksanaan 3,573

·         Perilaku Pelaksana 3,565

·         Sarana dan Prasarana 3,462

·         Saran dan Kritik 3,723

Dari hasil analisis, indikator dengan nilai tertinggi diperoleh pada aspek saran dan kritik, persyaratan, kompetensi pelaksanaan dan biaya tariff pelayanan.

Sebagai tindak lanjut, UPTD Puskesmas Cimanggis berkomitmen untuk melakukan perbaikan berkelanjutan, antara lain dengan:

·         Optimalisasi sistem antrean dan waktu pelayanan,

·         Penambahan fasilitas ruang tunggu yang nyaman,

·         Peningkatan kompetensi petugas melalui pelatihan pelayanan prima.

Dengan capaian nilai 88,64 (Mutu Sangat Baik) ini, Puskesmas Cimanggis berharap dapat terus mempertahankan kepercayaan masyarakat serta mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, profesional, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. (pp)

Sumber : UPTD Puskesmas Cimanggis

Berita Terbaru