PELAKSANAAN KEGIATAN BIAS (BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH) PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SITUASI PANDEMIK COVID-19

DEPOK - Imunisasi BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) merupakan kegiatan imunisasi lanjutan pada anak sekolah. Sasaran pada kegiatan ini yaitu anak usia sekolah dasar kelas 1, kelas 2, dan kelas 5. Pelaksanaan kegiatan BIAS dilaksanakan setahun sekali yang dilakukan pada bulan November.

Kepala UPTD Puskesmas Kedaung, Anugrah Sri Handayani mengatakan, kegiatan Imunisasi BIAS tetap dilaksanakan meskipun dalam kondisi pandemik Covid-19. Tentunya kegiatan ini dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Sebelum kegiatan Imunisasi BIAS ini berlangsung, pihak puskesmas mengundang seluruh perwakilan sekolah dasar yang ada diwilayah kerja UPTD Puskesmas Kedaung untuk mensosialisasikan kegiatan ini di masa pandemik Covid-19. 

Diharapkan dengan adanya sosialisasi pada pihak sekolah, sekolah akan meneruskan kepada orang tua/wali murid terkait manfaat imunisasi serta dampak apabila tidak dilakukan imunisasi.

Menurut Anugrah, pihaknya menerapkan dua tahap dalam pelaksanaan Imunisasi BIAS. Tahap I dilakukan di sekolah dan Tahap II dilakukan sweeping guna menjaring siswa yang memang tidak hadir saat pelaksanaan kegiatan Imunisasi BIAS di sekolah.  

"Pelaksanaan dua tahap pada kegiatan Imunisasi BIAS ini diharapkan bagi siswa yang memang tidak hadir agar tetap mendapatkan imunisasi lanjutan ini", paparnya. 

Dalam kegiatan ini diharapkan kekebalan yang didapatkan para siswa akan melindungi dari penyakit. (CML)

#BIAS

#IMUNISASI

Sumber : UPTD PUSKESMAS KEDAUNG

Berita Terbaru