Pembinaan Pos UKK Nina BAkery RW 20

Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja  informal, terutama dalam upaya promotif dan preventif untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan. 

Kegiatan pembinaan Pos UKK dilakukan oleh penanggung jawab Program Pembinaan Pos UKK UPTD Puskesmas Cilangkap bekerja sama dengan Lintas Sektor secara berkala ( 1 kali dalam sebulan ). Kegiatan yang dilakukan yaitu 

PROMOTIF   :PHBS, Penyuluhan, Konsultasi Kesehatan Kerja Sederhana, Sarasehan dan Pencatatan/Pelaporan, 

*PREVENTIF :  Mendata jenis pekerjaan, pengenalan risiko bahaya, mendorong upaya perbaikan lingkungan, membantu pelaksanaan pemeriksaan dan contoh APD), 

*KURATIF     :  P3K ( Pertolongan pertama pada kecelakaan ), P3P ( Pertolongan Pertama Pada Penyakit ) , Pencatatan dan Pelaporan.

Senin tanggal 19 September 2022, Penanggung Jawab Pos UKK ( Usaha Kesehatan Kerja ) di tempat pembuatan roti * NINA BAKERY " yang terletak di RW 20. 

Tujuan dibentuknya Pos UKK adalah untuk :

  • Meningkatkan pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja
  • Meningkatkan kemauan dan kemampuan pekerja menolong diri sendiri
  • Meningkatkan akses pelayanan kesehatan kerja pada pekerja
  • Meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat kerja
  • Meningkatkan peran aktif masyarakat, kelompok masyarakat dalam bidang kesehatan kerja

Sumber : Puskesmas Cilangkap

Berita Terbaru