Puskesmas Bojongsari melanjutkan kegiatan intervensi awal PIS-PK (program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) di kelurahan curug

Sempat terhenti melaksanakan agenda ke-5 dari nawacita presiden Republik Indonesia tahun 2014 karena pandemi Covid-19, tahun 2021 Puskesmas Bojongsari kembali melanjutkan Intervensi awal  PIS-PK di 16 RW kelurahan Curug.

PIS-PK atau Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga adalah salah satu agenda nawacita ke -5 Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sudah dilaksanakan di beberapa provinsi pada tahun 2016 dengan menyasar seluruh keluarga di Indonesia. Program PIS-PK sendiri dilakukan dengan melaksanakan 2 kali intervensi yaitu intervensi awal dan intervensi lanjut.ahun 2016 yang menjadi Lokasi Fokus (Lokus) pelaksanaan PIS-PK di kota Depok adalah UPT Puskesmas Kecamatan Cimanggis. Pada tahun 2017 beberapa Puskesmas di Kota Depok juga mulai melaksakan intervensi awal PIS-PK.

UPTD Puskesmas Bojongsari melaksanakan intervensi awal PIS-PK pada tahun 2018 di Kelurahan Pondok Petir dengan melibatkan seluruh tenaga kesehatan yang ada di UPTD Puskesmas Bojongsari. Selanjutnya pada tahun 2019 UPTD Puskesmas Bojongsari melanjutkan Intervensi awal PIS-PK di kelurahan Serua dan Bojongsari Baru.

Bersamaan dengan kegiatan Pendataan Keluarga (PK) yang dilaksanakan oleh BKKBN pada tahun 2021 UPTD Puskesmas Bojongsari melanjutkan intervensi awal PIS-PK di 16 RW kelurahan curug dengan menyasar seluruh Keluarga di kelurahan curug yaitu 6461 keluarga. Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 8 maret sampai dengan 31 April 2021. Dalam pelaksanaannya Puskesmas Bojongsari menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan masker dan sarung tangan untuk tenaga kesehatan yang akan melakukan intervensi awal.

Diharapkan dengan terlaksananya PIS-PK ini Puskesmas Bojongsari memiliki data dasar kesehatan keluarga di wilayah keseja UPTD Puskesmas Bojongsari.

Sumber : Puskesmas Bojongsari

Berita Terbaru