Hari Rabies Sedunia Tahun 2022

Setiap tanggal 28 September setiap tahunnya, dunia selalu memperingati sebagai hari rabies sedunia (World Rabies Day). Peringatan ini sekaligus memberi makna sebagai sarana kampanye untuk mewujudkan cita-cita bersama dunia bebas rabies pada tahun 2030. Tema tahun ini 'Rabies: One Health, Zero Deaths', menyoroti hubungan lingkungan dengan manusia dan hewan.

One Health
Adanya Pandemi COVID-19 menunjukkan beberapa kerentanan dalam sistem kesehatan, tetapi juga membuktikan tentang apa yang dapat dicapai dengan kolaborasi lintas sektor. Program Pengendalian Rabies merupakan sebuah contoh yang baik dan terstruktur dalam implementasi sistem kesehatan dan diterapkan pada penyakit zooning lainnya, termasuk yang rawan menjadi pandemi. 


Zero Deaths
Kita sudah memiliki vaksin, obat-obatan, peralatan, dan teknologi untuk memutus siklus salah satu penyakit tertua. Nol Kasus pada 2030: Rencana Strategis secara Global untuk penghapusan kematian akibat rabies pada manusia yang disebabkan oleh anjing pada tahun 2030 adalah Ambisi bersama dengan target yang dapat dicapai. 

Sumber : WHO

Sumber :

Berita Terbaru