NEWS UPDATE

Jangan Meremehkan Lemak

Silahkan Share

Kebanyakan masyarakat memandang sebelah mata akan adanya lemak yang berada di dalam tubuh. Berbagai alasan muncul kenapa masyarakat beranggapan seperti itu. Mulai dari merusak penampilan hingga mengganggu kesehatan. Nyatanya, lemak tidak seburuk itu.

Dilihat dari pengertian lemak, yaitu merupakan senyawa yang tidak larut dalam air yang tersusun dari unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Lemak banyak terkandung di makanan yang biasa kita konsumsi, tetapi memiliki kandungan yang berbeda. Jenis lemak yang paling umum kita ketahui adalah lemak hewani yang mengandung kolesterol, dan lemak nabati yang mengandung asam lemak tak jenuh dan berupa cairan.

Selanjutnya, lemak juga memiliki peranan penting bagi tubuh manusia. Diantaranya, membantu tubuh agar mampu mengatur suhu ketika panas dan dingin, membantu agar tubuh bekerja dengan fungsi yang normal, membantu penyerapan vitamin, terutama vitamin A, D, E, dan K. Bagi wanita, lemak juga membantu untuk memastikan produksi hormon estrogen tercukupi.

Anggapan orang mengenai buruknya lemak karena dari individu tersebut yang tidak mengontrol asupan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita sudah mengetahui, bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Sama halnya ketika mengkonsumsi lemak yang secara langsung maupun tidak kita konsumsi dari sumber makanan kita sehari-hari.

Ketika mengkonsumsi makanan yang  berkemungkinan terkandung lemak jahat yang terdapat di dalam lemak jenuh, yaitu yang memiliki kadar lipoprotein (LDL) yang rendah maka kita harus pandai mengontrol diri. Biasanya sumber makanannya berasal dari daging merah, unggas, dan produk olahan susu. Maka dari itu agar lemak yang seharusnya menguntungkan bagi kita dan tidak berubah sebaliknya, kita harus mengatur pola makan dengan seimbang, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, dan usahakan meminimalisir stress.

 

Penulis : Annisa Nabilla Pramaystevia

Mahasiswa Kesmas STIKIM

Comments

comments