STANDAR PELAYANAN PTM

LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS TANAH BARU

NOMOR         : 445/0099/KPTS/TB/II/2022

TANGGAL     : 28 Februari 2022

 

STANDAR PELAYANAN PROGRAM PENYAKIT TIDAK MENULAR

SKRINING USIA PRODUKTIF (15-59 TAHUN)

 

No.

Komponen

Uraian

PENYAMPAIAN PELAYANAN

 

1.

Persyaratan Pelayanan

a.    Tatanan Puskesmas

Sesuai dengan Pendaftaran Rekam Medis

Kartu identitas diri

b.    Tatanan Posbindu

     Membawa Kartu BPJS/Identitas

 

2.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Sistem Alur Pelayanan

a.    Oval: pasienTatanan Puskesmas

 

Oval: Selesai
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Mekanisme Tatanan di Puskesmas

1.    Pasien menunggu diruang tunggu Non ISPA

2.    Petugas menerima berkas rekam medik pasien

3.    Petugas melakukan anamnesis berupa wawancara faktor resiko PTM dan riwayat penyakit PTM pada diri sendiri dan keluarga

4.    Petugas melakukan pemeriksaan fisik skrining berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, Tekanan darah.

  1. Petugas melakukan penilaian  apakah pasien memerlukan pemeriksaan penunjang atau lanjutan berupa pemeriksaan laboratorium Gula darah, skrining IVA dan sadanis.
  2. Petugas melakukan konseling berdasarkan hasil skrining
  3. Pasien melakukan pembayaran Tindakan medis dan laboratorium yang dilakukan
  4. Petugas melakukan pencatatan dan pelaporan hasil skrining ke format pelaporan surveilans PTM
  5. Pasien pulang/dirujuk.

 

 

b.    Tatanan Posbindu

Lima Langkah kegiatan Posbindu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                  

 

 

 

 

 


             

 

             

 

 

 

Mekanisme Tatanan Posbindu

1.    Pasien datang dan melakukan registrasi

2.    Petugas melakukan wawancara faktor resiko PTM dan riwayat penyakit PTM pada diri sendiri dan keluarga

3.    Petugas melakukan skrining berupa pengukuran Tinggi Badan , Berat Badan dan Lingkar perut

4.    Petugas melakukan pemeriksaan tekanan darah dan cek gula darah serta kolestrol ( jika tersedia)

5.    Petugas melakukan konseling hasil pemeriksaan skrining

6.    Petugas menilai apakah pasien memerlukan rujukan ke fasilitas Kesehatan tingkat pertama terkait hasil skrining

7.    Petugas melakukan pencatatan dan pelaporan hasil skrining ke format pelaporan surveilans PTM

8.    Pasien pulang/dirujuk

c.     Prosedur Pelayanan oleh Petugas

1.    Petugas melakukan proses pendaftaran/registrasi

2.    Petugas melakukan wawancara

3.    Petugas melakukan skrining

4.    Petugas melakukan konseling hasil skrining

5.    Petugas melakukan pencatatan dan pelaporan

 

3.

Jangka waktu penyelesaian

20 - 30 Menit Sejak Pasien  diruang pemeriksaan PTM . Untuk pemeriksaan Laboratorium dan skrining IVA  waktu pelayanan disesuaikan dengan banyaknya pemeriksaan.

4.

Biaya/tarif

Tarif disesuaikan dengan tarif pelayanan puskesmas bagi pasien umum dan Kapitasi bagi peserta BPJS

Biaya pemeriksaan PTM sudah termasuk dalam retribusi rawat jalan/rawat inap Kota Depok sesuai Perwal no. 61 Tahun 2016

Biaya pemeriksaan Laboratorium :

-       Gula Darah Sewaktu : Rp. 12.000,00 atau gratis sesuai sasaran SPM Skrining Usia produktif

-       Kolesterol Total         : Rp. 11.000,00

Biaya skrining IVA  :

-       Pengambilan papsmear/IVA : Rp. 25.000,00 atau gratis sesuai sasaran SPM Skrining usia Produktif

 Skrining usia produktif di Posbindu sesuai swadaya masyarakat

5.

Produk pelayanan

a.    Tatanan Puskesmas :

1.            skrining usia produktif,

2.            pelayanan pasien Hipertensi,

3.            pelayanan pasien Diabetes mellitus dan

4.            penyakit tidak menular lainnya

Berupa :

1.    Pengukuran Tinggi Badan dan Berat Badan

2.    Pengukuran Lingkar Perut

3.    Pengukuran Tekanan Darah

4.    Pengukuran Kadar Gula Darah

5.    Pemeriksaan Sadanis dan IVA bagi wanita usia 30-50 tahun

6.    Konseling hasil skrining

7.    Rujukan

 

b.    Tatanan Posbindu PTM :

     Pelayanan skrining usia produktif

 

6

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

 

1)  Pengaduan saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui kotak saran yang terdapat didepan taman Toga puskesmas.

2)  Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via media social

 

·      Facebook : Puskesmas Tanah Baru

·      Instagram :pkmtanahbaru

·      Telepon  : (021) 78520052

·      Call Center : 085776960009

·      Email :puskesmastanahbaru3@gmail.com

·      SIGAP  : Sigap.depok.go.id

·      S4PN : www. Lapor.go.id

·Web : https://pkmtanahbaru.depok.go.id

 

Sumber : UPTD Puskesmas Tanah Baru

Berita Terbaru